Rabu, 03 November 2010

13 facts of being apaaart

Heilohaaaaaa !!!

Menindaklanjuti sms menye2 malem ini, gwpun langsung tergoda mosting lagi.
Dengan berbekal modem pinjeman, gwpun kembali bercerita panjang lebar disini. Semoga ada manpaatnya. Hahaha..


Jd anak kost bukan pilihan yg baik untuk anak2 yg udah biasa idup bareng ortu kayak kita semua ini. Apalagi terpisahnya ekstrim gitu, beda provinsi. Yah walaupun sebenernya ga jauh2 amat dari lampung, tapi segenap kesibukan kehidupan nyata bikin terpisah dari ortu itu rasanya neraka banget, karena ga mungkin juga tiap wiken ortu mau datengin kita.
Di post kali ini gw mau cerita 13 hal menarik, semacem pelajaran baru buat gw selama kuranglebih 3bulan jadi anak kost. Here they are…

1.Sakit!
Hedeehh.. nenek2 gapunya gigi juga tau kalo sakit seorang diri itu tak hingga ga enaknya. Itu pula yg terjadi pada gw. Bukan sakit bulanan, itu mah emang ga bisa diapa2in. Sendirian ataupun ada ortu juga ga ngaruh2 amat. Tapi sekitar 2minggu lalu gw sakit beneran. Demam tinggi, pusing, mual2, ga napsu makan, mulut pait, dll. Cup, gw ga hamil. Tapi yg jelas dari pagi badan gw udah nyeri2, panas dingin, terus pusing. Pas di kelas AC nya maknyus banget pula. Seakan emang pengen bikin gw tepar abis2an.
Pulang kuliah gw langsung beneran terkapar di kamar. Dgn beraneka ragam pembungkus tubuh, mulai dar 2 lapis selimut, jaket sampe kaoskaki, gw teronggok kaya buntelan di atas kasur. Dingin booo.
Hanya dgn parasetamolantibiotik gw mengobati diri. Hebat bgt gw, padahal antibiotic itu musuh bebuyutan gw bgt dari jaman edo.
Bangun2 gw semakin mual. Lalu gwpun minum obat maag, karena emang gw ga makan apa2 sampe malem. Ortu nelpon pun ga ngefek. Apalagi bokap yg nelpon, dokter terhebat yg biasa meluk gw tiap demam. Yg ada gw pengen minta jemput pulang deh. Haha..
Akhirnya malemnya gitu panas gw turun. Gwpun ngerjain tugas dengan sisa2 kekuatan. Besoknya gw bolos kuliah. Untug Cuma 1 matkul..
Pesan moral: kalo sakit jgn dikit2 nelpon ortu, bukannya sembuh malah menye2, bisa sampe nangis malah. Berusaha obatin diri sendiri dulu. Kalo udah parah mah baru ngabarin. Kalo gw sih bukan tipe yg hobi melibatkan orang banyak. Jd kalo sakit, gw bener2 diem di kamar, ga manggil siapapun walau gw tau temen2 kost pasti bisa nolong. Trus kalo sakit banyak2 bedoa. Jgn malah solat aja males!Trus jangan memperparah diri, misalnya dgn gamau makan sma sekali, atau gamau minum obat, atau gamau ke dokter, atau malah maksain kuliah, kerja yg berat2, nimba, nyuci, ngepel. Pokoknya jangan! Inget, kita sendirian. Kalo bisa cepetan sembuh, kan kita juga yg ngerasain susahnya. Memperparah diri Cuma bikin kita jd makin ngerepotin orang, ujung2nya bikin susah diri sendiri karena kuliah juga jd ga maksimal. Oya 1 lagi, parasetamolantibiotik cukup tepat dikonsumsi, seenggaknya buat ngebunuh gejala. Hahaha..

2.Wabah penyakit!
Gila ini ngeri deh ya. Lingkungan gw lagi banyak bgt yg kena hepatitis. Fakta aneh di lingkungan anak kost kan, satu sakit, naturally yg lain jg sakit. Apalagi penyakit yg gampang nular kayak hepatitis. Gw dan teman2 yg masih sterilpun jadi ekstra waspada..
Pesan moral: Jgn sok swit tukerpake barang apapun sama siapapun! Ga Cuma hepatitis, tapi virus2 lainnya juga bisa gamang bgt migrasi ke tubuh kalian. Gw ga lagi penyuluhan kesehatan, tapi ini serius. Bahkan kalo banyak duit, vaksin deh. Minum susu, buat netralin benda2 jahat. Vitamin, tapi bukan yg penambah napsu makan doing dong. Yg buat daya tahan tubuh gitu. Trus ya, tidur, makan, sama buang air yg cukup. Cuci tangan pake sabun tiap mau makanminum. Males sih ya emang kadang2. Tapi sumpah deh, lebih males lagi kalo kita udah sakit parah gara2 ga ngejaga diri. Jd, nurut ya anak2..

3.Toleransi!
Iya banget. Bru 3 bulan disini, gw udah mulai bisa baca karakter temen2 sekostan gw. Busuk2nya mulai muncul. Bahkan di bulan pertama gw ngekost bareng mereka, gw udah pengen minta pisah rumah tahun depan sama ortu gw. Mungkin emang karena factor belum kenal deket, jd blm ada chemistry-nya [cooh]
Pesan moral: Toleransi dan segala kosakata terpuji yg sering muncul di buku cetak ppkn jaman sd, mutlak perlu diterapin dari sekarang. Udah2 lagi lah egois, mau paling bener sendiri, mau diperatiin dll itu. Inget, kita disini butuh mereka juga suatu hari nanti. Jadi bersikaplah seperti Cinderella. Bukan berarti jaim juga, pake topeng ibu peri padahal iblis. Tapi setidaknya, mulai dewasa dikitlah..mulai mikir dari sudut pandang orang lain juga. Belajar bijak, kalo ga semua yg kita pikir jelek itu jelek juga buat orang lain. Bahwa tiap org itu beda2, jgn pukul rata. Kalo ga semua sifat kita itu bisa diterima org lain. Bahwa sejelek apapun kelakuan org, dia pasti punya alasan. Coba terus mikir postif. Daripada makan ati terus?

4.Cowok!
Hahaha..mak qq ngomongin cowok.
Ketika lagi jd anak kost, mau gamau lingkungan mutlak kita yg handle. Masalah kita bakal keseret arus jelek atau ga, bisa adaptasi atau ga, urusannya balik ke kita. Slah satunya ya cowok inilah. Yg belum bercowok [kok gw ilfil ya dengernya:bercowok], mungkin bahagia liat beraneka jenis wujud dan rupa mahluk satu ini bertebaran di kampus. Bahagianya beda sama yg udah bercowok: bahagia tanpa beban. Hahahaha
Tidak terkecuali gw =”)
Pesan moral: Yg belom bercowok, duh nanti deeehh. Gapenting itu bercowok. Nambah2in beban kuliah aja. Temenan aja banyak2. Perlu loh berteman dekat dgn mereka. Feel safe. Sedikit banyak, mereka masih punya empati ke kita, jadi bala bantuan mereka tu bakal amat sangat sungguh bermanfaat buat kita. Apalagi kalo kita udah deket, kita bahkan bisa jd prioritas di atas ceweknya. Tapi ya ati2 juga kalo tu cowok udah bercewek. Mending deket sama ceweknya juga deh, biar ga salah paham. Buat yg udah bercowok, yaaaa…apa ya. Baik2 deh. Kalian tau mana yg terbaik, mana yg ga ter-ga baik. Gw gapernah sih. Jd nokomen. Hahahaha

5.Crime!
Bukan cerita baru lagi kan kalo hp gw kejambret, ataupun dompet abul tiba2 ilang. Gw gamau cerita panjang lebar, tapi pengen lagsung berpesan: Hati-hatiiii! Ga ada lain deh, selain ati2, waspada. Walaupun mungkin kita udah sering dateng ke daerah tempat kita kuliah sekarang, kita tetep aja pendatang, orang baru, orang kampung. Jadi ga bijak banget kalo kita langsung pede aja nganggep semuanya orang baik.
Kalo lagi di tempat umum, mending jangan ngeluar2in hp deh. Apalagi kalo lagi jalan di trotoar. Dompet dan barang berharga lainnya tuh simpen baik2 dalem tas, taro tempat terselubung. Kalo bisa, pisahin dompet duit sama wadah buat kartu2 penting. Jadi kalo ilang ga semuamuanya ilang. Kalopun Cuma mau bawa dompet doing, siapin aja duitnya deh. Kartu2 penting tinggal aja. Duit ongkos pisahin, jadi pas di kendaraan umum kita ga perlu buka2 dompet. Trus kalo make tas jangan kaya nenteng kresek belanjaan. Pegang yg bener biar ga gampang digrepe. Kalo keman2 jgn sendirian sih kalo bisa. Kalopun sendirian, jgn kebanyakan bengong. Dengerin hetset aja, atau ngoce2 sendiri juga gpp =P
Kamar kostan rajin2 dikunci, walaupun cm mau ke toilet. Kalo yg di asrama, barang berharga jgn ngasal naronya. Cukup kita sama ortu aja yg tau letaknya. Temen2 sekamar, mau sedeket apa juga jg sampe tau deh.

6.Homsik!
Hahahha..asik banget emang sindrom yg satu ini. Cuma pas jd anak kost baru ngerasain. Kalo gw sih Cuma pas sakit aja baru homsik. Emang udah biasa jd anak sulung, perhatian lebih gede buat adek2, jd dikacangin juga ga suram. Ehehehe
Pesan moral: Kalo lagi homsik, jgn meratap2 deh. Coba ngumpul sama temen2, ngobrol2. Atau kalo emang parah banget, telpon ke rumah. Ngobrol, nangis2 apapunlah, sampe puas. Satu hal yg paling penting, jgn dikit2 pengen pulang! Gw beneran lah males banget liat orang yg dikit2 pengen pulang, dikit2 pengen pulang. Childish bgt! Jauh2 kuliah Cuma buat pulang?! Suruh siapa kuliah jauh2?! Inget cita2 lagi deh. Inget2 lagi kenapa dulu milih kuliah jauh2 dr ortu, inget2 lagi apa tujuan kita disini, inget2 lagi perjuangan ortu kalian biayain idup dan pendidikan kita..dan kita menghargainya dengandikit2 pulang?! Nyadar deh, tindakan itu justru bikin ortu kepikiran kita terus. Tega banget, udah ngabisin duit ortu, nambahin beban pikiran mereka juga? Amit2..

7.Insomnia!
Buset banget lah. Sejak ngekost, insomnia gw akut poy. Gw bahkan pernah sampe tidur Cuma 2 jam semaleman. Bukan karena tugas juga, tapi karena emang murni gabisa tidur!
Pesan moral: Ngerjain tugas sih gpp begadang2, tapi kalo bisa dikerjain tanpa begadang, mending usahain. Gimanapun tidur itu sungguh penting. Jgn sampe jam ngantuk kalian kayak gw: diatas jam 1 malem. Kacau bgt dah. Selain ga baik bat kesehatan kayak kata bang rhoma, yg kayak gitu juga bisa bikin susah bangun, lewat solat subuh, gabisa tahajud. Kalopun ttep bisa bangun pagi, pasti deh hari itu jd serba gaenak. Gw bahkan pernah sampe ky orang linglung. Ngomong ngaco, jalan ogel2. Prah bangeeet.
Kalo emang insomnia, cb baca buku, atau ngaji sekalian. Jgn malah ngenet atau nonton tipi. Ngantuk mah nggak, semangat mah iya..

8.Masak!
Horee..akhirnya gw masak juga disinii! Hahaha.
Akhirnya gw sadar kalo masak itu enak, seru, dan yg pasti..hematt!! Ya gw tau sih..kita ga kurang2 amat dikasih duit sama ortu. Tapi kalo gw sih, sebanyak apapun dikasih duit bulanan, gw sungguh lebih milih foya2 beli buku daripada foya2 makan. Jadi, kalo uang makan bisa di-cut sedikit buat tambahan beli buj=ku, bahagia bgt gw. Yaah.. walaupun kemampuan memasak gw masih jongkok bgt, masih bego2nya umat, tapi gw bersemangaaat!
Pesan moral: Masak itu seruu..apalagi kalo peralatannya lengkap. Sayang di kostan gw ga lengkap. Kulkas pun ga ada. Ulekan, blender apalagi ovenpun ga ada yg punya. Jadi masaknya ya yg praktis2, ga butuh banyak alat. Apapun itu, sungguh lebih seru masak. Gw paling suka sesi belanja bareng2 rame2 ke pasar. Selain murah dan bisa dipastikan bersih, masak bisa melatih diri jd emak2 yg baik dan benar kan? Haha..

9.Bersih!
Gw mulai merasakan sindrom sebog disini. Bersih2 teruus! Hahaha.
Ternyata, idup jauh dari nyokap yg biasanya turun tangan kalo kita mulai males, biking w sdara kalo bersih itu enak. Pelan2 gw idup ga seberantakan dulu. Ayo jgn maleesss!
Pesan moral: Yaiyadong, bersih kan sehat, enak, nyaman. Kalo lagi libur, abis ngebo di kasur seharian, coba deh emak2 dikit. Beresin kamar, bersihin toilet, beresin lemari, cuci barang2 kotor. Walaupun dipake rame2, bukan lantas kita lepas tanggung jawab. Toh kita make juga kan? Apa salahnya sih berkorban dikit bersih2. Selain kita juga yg ngerasain enaknya, temen2 kita yg ikutan make fasilitas itu juga bakal ngerasa thxful, bahkan respek ke kita. Sukur2 mereka jadi ikut jaga kebersihan, karna ga enak liat kita udh susah2 bersihin..

10.Stress!
Sebenernya kalo stress sih udah dari dulu mah yaa. Tapi kalo sendirian rasanya beda emang. Apalagi kalo lagi Ujian atau banyak tugas. Rasanya pengen pulang aja, jd anak sma lg. haha
Pesan moral: Kalo lagi stress, cepetan atasin. Tiap orang caranya beda kan. Tapi yg hampir pasti, berbagilah. Setidaknya untuk bikin sadar kalo bukan Cuma kita yg ngerasain. Kalo abis ujian juga udahlah ga usah dibahas2 lagi. Pasrahin ke Tuhan. Yg penting kita udah maksimal. Jauin oknum2 yg masih ngebahas jawaban2, ish.. udah2 lagi. Bersenang2lah..

11.friendsick!
Pesanmoral?

12.friendsick!
Pesanmoral?

13.Friendsick!
Pesanmoral?

Bukan karena gw ga ada ide lagi mau nulis apa. Tapi karena hal yg paling kerasa selama gw idup sendirian disini adalah friendsick. Gw masih belum juga bisa berhenti berharap ada sosok2 disini yg kayak kalian, kayak ichigo. Gw udah bisa beradpatasi, gw juga bergaul dgn baik dan akrab disini. Tapi gw tetep gabisa jawab pesanmoral apa yg bisa gw petik dr ke-friendsick-an gw, karena satu2nya yg gw bisa deskripsikan adalah GW KANGEN KALIAN!
-Makqq-

3 komentar:

  1. emaaaaaaak..
    hahaha..postingan lo lucuk.
    (-3-)
    mau cium emaaaak

    BalasHapus
  2. hahaha, bercowok ?
    gimana kaloyg cowok mak ? jdinya bercewek

    semuanya bener,byk bgt disini anakanak childish !!!

    BalasHapus
  3. much much much =*

    iy bang, bercewek.
    ih abang baca blog kami..emak terharu.haha

    BalasHapus