Senin, 22 November 2010

BEST [ARD] Birthday Ever … XI [part 2]

Terus terang hari itu gw sungguh bertanyatanya. Kenapa hari ultah gw musti segitunya sarat akan cobaan? Mungkin emang ga seberlebihan itu. Tapi kenapa kejadian2 menguras kesabaran itu harus terjadi di ultah gw? Hari yang biasanya orang2 pada bersenang2, berbahagia.

Kembali teringat apa yg terjadi setahun lalu di tanggal yg sama. Gw di masjid abis liqo sama kalian berempat. Trus masuk ke kelas karena ada promo atmajaya. Trus gw dengan idiotnya ga nyadar ada tart duduk manis di sebelah gw duduk, Cuma ketutup satu tubuh. Trus gw diajak njet ke toilet. Trus pas balik kekelas lagi, sesorang ntah siapa narik iket rambut gw. Lalu orang2 lainnya mengacak2 rambut gw, ada juga yg jambak, ada yg nyubit, pokonya kepala gw dianiaya sampe gw menginjakkan kaki di dalem kelas. Lalu ada spongebob tart. Lalu pulangnya gw makan apa gitu yg gw emang lagi ngidam itu. Lalu gw pulang dgn berbagai bungkus kado. Lalu di rumah banyak makanan enak.

Setahun sebelumnya ketika gw tujuhbelasmanis, gw dapet 3 tart sekaligus. Lemon tart di ichigo, cheesecake dari ortu di rumah, blackforest dari anak iec.

Setahun sebelumnya lagi ketika gw masih puber [?], gw dapet tart pink ngejreng dari kalian, dikerjain bu naning, dicemongcemongin krim tart sama panda sampe gw harus nebeng mandi di kostan alin..

Setahun sebelumbelumnya lagi, sebelumbelumnye lagi, sebelumbelumbelumnya lagi… ultah gw berjalan normal, bahkan walaupun tanpa surprise apa2, semuanya menyenangkan.

Selama perjalanan pulang di bis, gw mikir. Mikir semikirmikirnya. Gw instropeksi diri. Gw termenung. Gw diem. Gw ngeliatin jalanan, hutan, rumput, sawah, gubuk, sungai, rawa. Gw ngeliatin lalulalang di pinggir jalan, anak sekolah, ibu-ibu, bapak-bapak, nenek-nenek, anak-anak kecil. Gw ngeliatin kelakuan seisi bis, ibu2 mangku anaknya, bapak2 terkantuk2 kecapekan, sepasang kekasih asik ngobrol dgn mesra, pengamen semangat nyanyi…

Kalo nurutin napsu, mungkin hari itu gw jadi hulk. Gw bakal izin keluar berkalikali dan ngadem di luar kelas sambil ngomel2. Gw bakal komplen ke mbak2 jus sambil nunjuk2 mukanya karena ga becus jd waitress. Gw bakal samperin tersangka yg ngidupin lampu dan jedutin kepalanya ke sakelar. Gw bakal bentak2 kakak tingkat itu dan nyeret dia turun dari becak. Gw bakal ngamuk dan batalin pesenan buku karena tu kakak seenaknya memperlakukan pembeli. Gw bakal narik paksa temen gw yg malah masuk ke kamar tu kakak. Gw bakal sempelin beef panas ke mulut temen2 gw yg pesen burger. Gw bakal jorokin temen gw yg nanya kenapa gw belom pulang ke jalan raya. Gw bakal telpon panitia acara TO itu dan meraung2 minta dibatalin jadi panitia. Gw bisa aja ngelakuin itu semua. Gw HAMPIR ngelakuin itu semua, lebih tepatnya..

Sekali lagi, mungkin emang kejadian2 itu biasa aja. Tapi relativitas berlaku disini. Saat itu gw bener2 merasa beegitu kesel, marah, emosi, capek, stress, pengen marah, pengen ngamuk, pengen cerita, sampe pengen nangis.pokoknya all I wanted to do is jump to the end of that day.

Benang merah dari semua kejdaian itu sebenernya simple..sabar.

Mungkin karena efek umur yg hampir menyentuh kepala 2, atau mungkin karena kebawa beban gelar terbijak dari ichigo, gw mencoba berpikir bijak. Mencari penghiburan dari kesuraman hari itu.

Allah pengen gw belajar sabar. Allah pengen tau, sejauh apa gw mampu menahan diri untuk ga meledak ditengah keadaan mancing emosi kaya gitu. Allah pengen liat, semanis apa senyum yg masih bisa gw produksi setelah semua kejadian itu berlalu. Allah pengen mastiin, layak ga gw dikasih kesempatan idup 19 taun dan apa aja yg udah gw pelajari selama 19 taun itu.

Sekali lagi, mungkin kedengerannya lebai. Tapi sumpah, sore itu, sepanjang satu setengah jam gw di bis, gw mencoba sekerasnya menghibur diri, mencari hikmah dari apa yg terjadi hari itu, di hari bertambahnya umur gw..

Kelas panas, pengap, sumpek, nunggu mbak2 jus yg ternyata malah lupa, nunggu kakak tingkat yg ternyata bukunya malah blm ada, nunggu temen2 sendiri yg ga mikirin perasaan gw, ditunjuk jd panitia secara aklamasi… mungkin Cuma representasi sedrhana dari “nunggu2” laennya yg bakal gw hadepin. Semacam pre-test, sebelum ngadepin dunia nyata yg lebih kejam.

Pada dasranya, semua itu gw lalui karena gw akan menuju satu hadiah di akhir cerita. Bertahan sumpek, pengap, panas, demi dapetin ilmu2 penting dari dosen. Bertahan nunggu jus, karena emang pengen minum jus. Bertahan ngadepin kakak tingkat karena berharap bisa pulang bawa buku pesenan. Sabar nunggu temen2 karena mau pulang bareng.

Gain something means lose something, wiseman said..

Di dunia nyata, setelah sedemikian rupa kita sabar dan bertahan, hasilnya bisa macem2. Bisa aja kita langsung dapet hasilnya, kaya gw dapet materi dari dosen. Gw langsung ngerti beberapa hal yg sebelumnya gw ga ngerti. Itu upah dari kesabaran gw ngipas2 kepanasan, yg langsung terbayar saat itu juga. Atau bisa aja kita ga dapet apa2, kayak kasus jus itu. Gw mungkin udah sabar nan tawakal menanti jus pesenan gw, tapi mungkin emang yg terbaik adalah gw ga dapet jus, karena jusnya ga enak, gelasnya terkontaminasi apa gitu, sehingga mendingan gw ga dapet. . Atau bisa juga hasilnya ditunda, kayak kasus nunggu pesenan buku dari kakak tingkat. Gw emang udah sabar menanti tu kakak. Tapi bukunya ternyata ga bisa gw dapet hari itu, tapi besoknya karena mau dititip. Mungkin emang yg terbaik buat gw ya dapetnya besoknya aja, daripada susah2 bawa buku berkilo2 itu dari kota ke kostan di hari itu. Bahkan bisa juga hasilnya ga diduga2, kaya ditunjuknya gw sebagai panitia. Gw ga nunggu dengan sabar sambil berharap2 jadi panitia, tapi kesempatan itu dateng gitu aja. Itu sebenernya doorprize. Mungkin selama ini gw kurang peduli sama organisasi anak lampung. Kesempatan itu bisa jadi ajang gw menemukan teman2 sebangsa stanahair yg pasti akan gw butuhkan bantuannya nanti. Kalo ga ditunjuk jd panitia, ntah kapan kali gw bisa deket sama mereka…=)

Mungkin emang hari itu ultah gw ga kayak tahun2 sebelumnya, dimana kado, ucapan, tart dan surprise dimana-mana. Mungkin emang hari itu ultah gw ga ketemu bokap, nyokap, adek2, kalian berlima, dan orang2 tersayang gw lainnya. Mungkin emang hari itu yg tau gw ultah baru beberapa. Mungkin emang hari itu gw dibombardir dengan kejadian2 yg ga enak.

But then, bagian mana yg ga bisa disyukuri?

Semua yg terjadi di tanggal 13 nov kemaren itu lebih mengejutkan dari kejutan apapun yg pernah gw dapet selama 19 kali ulangtahun. Gw juga tetep ngerasain perhatian dan peduli orang2 tersayang itu dalam bentuk ucapan di sms, wall, ataupun telpon. Gw punya tetangga2 sebelah kamar yg baik dan ga bikin gw pengen mutilasi orang terus. Gw punya keluarga baru di kostan yg bisa jadi tempat ketawa2 bareng. Gw punya jasmanirohani fisikmental lahirbatin yg sehat, normal, dan cukup lebih dari memadai untuk idup sebagai anak fk di perantauan. Its more than just enough..

Sekalikali lagi, mungkin cara gw mikir terlalu lebai untuk kejadian yg biasa aja gitu. Sekarang aja gw ngerasa kalo sebenernya kejadian itu biasa aja. Tapi waktu kejadian itu terjadi, semuanya emang kerasa begitu lebai sampe gw harus berpikir super-sok-tua untuk netralisir kesuraman gw hari itu.

Gw juga pengen kalian bisa ambil hikmah dari cerita gw. Terserah mau bagian yg mana. Yang jelas, gw pengen kalian inget satu hal, sabar itu susah. Tapi itu ga pernah jauh lebih susah dari nyeselin efeknya kalo kita ga sabar. Nyesel itu lebih nyesek daripada sabar. Percaya deh. Coba kalo gw keluar ruangan kuliah karena kepanasan, gw ga dapet ilmu penting itu. Kalo gw ngamuk ke mbak2 jus, gw diliatin seisi kampus trus dibleklis kakak tingkat. Kalo gw bentak2 kakak tingkat gara2 buku pesenan, gw ga dapetin bukunya, tu kakak marah sama gw, terus pas koas gw dianiaya abis2an sebagai pembalasan dendam. Kalo gw marahin temen2 gw, gw bisa dikuciin dari kostan, ga ada yg ngurusin gw kalo gw sakratul maut di kamar. Gw ga ngebayangin senyesel apa gw kalo gw ga bisa lagi sabar waktu itu…

Gw juga pengen kalian inget, semua yg jelek2 yg terjadi di kita itu ga mungkin dikasih Allah iseng gitu aja ga ada tujuannya. Menggerutu, ngeluh berkepanjangan atau suram ga abis2 bukan cara yg tepat untuk menunjukkan syukur kita, karena semata2 yg Dia kasih tu wujud sayangNya ke kita..

[gw kesambet apa yak ngomong gini?]

Betmut berkepanjangan itu ga enak, sumpah. Gw moody sih disini, tapi kalo gw udah cerita, ntah ke orang, ke eeyore atau ke tulisan, gw mulai lega. Setidaknya berkurang dan gw bisa beraktivitas tanpa hasrat pengen nyempulngin orang ke sungai musi. Jadi, kalo lagi betmut, cepet cari cara mengatasinya. Cepet mikir, ambil hikmahnya, mikir positif. Jgn buang2 space otak buat meratapi hal2 gapenting yg bikin sakitati.

Tragedi ultah gw mungkin Cuma sekedar dorama kecil yg gw harap bisa ada gunanya kalo suatu hari nanti, gw atau orang2 lain yg ngebacanya, lagi prustasi dengan tema kasus yg sama, bisa dapet pencerahan dan terhibur hatinya. .

Thanks untuk bersedia baca cerita gw yg panjang lebar dan lebai ini. Kalo bisa gw peluk kalian satu2 waktu hari itu, gw peluk kalian sampe ga bisa napas. Tapi yasudah, eeyore cukup bisa menjadi tempat pelampiasan gw utk meluk2.haha..

Gw masih pengen cerita beberapa, tapi nanti deh. Kamis jumat ini gw ujian lagi, abis tu mulai masuk blok seru, dimana kecapulan adalah hal yg dihalalkan: anatomi. Bwahahahahaha..

Anak abul mau nyelundup ke kelas anatomi emak? XD

I’ll be waiting for your story, beybih..write soon =*


-mak qq-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar