Rabu, 12 Januari 2011

Family come first..

Haii!

Mak qq kembali nyampah. Haha..

Sampah pertama ini bakal tentang ulasan film yg baru gw tonton beberapa hari lalu.

Well, heii.. have you ever watched “click”? It’s kinda family drama..jadul sih kayaknya, gw nonton di trans tv soalnya. Mirip science fiction juga..tapi lebih ke drama sih. Then?

Gw merasa film ini highly recommended, untuk kali an, untuk siapapun, who truly, madly, deeply, love their family =)

Filmnya itu ttg seorang bapak, arsitek, keluarga biasa aja, punya anak 2, punya istri cantik, punya ortu yg begitu support..yea, sounds perfect. Tapi bapak ini kerjaannya masih belum tetap. Beliau lagi berjuang dpt promosi untuk dpt di posisi penting di perusahaannya. Dia harus ngerjain beberapa proyek penting, demi posisinya itu. Dia kerja keras siang malem. Waktu bareng keluarganya jd kesita. Istrinya ngomel2 terus, anaknya ngambek, dia prustasi. Akhirnya dia ketemu seorang kakek yg ngasih dia remot. Universal remote. Remot itu bisa dipake layaknya remot tv biasa, tapi bisa dipake utk apapun. Si bapak ini jadi bisa nyepetin waktu, ngeberhentiin waktu, ngelambatin waktu, ngulang masa2 lalu yg dia suka, ngecilin volume disekitarnya, ngegedein suaranya, dll, just by one click.Wow.

Awalnya dia kebawa abis sama euphoria remot ajaib tu. Dia jd bisa kerja dengan konsen. Kalo salah, dia bisa ngulang. Kalo males, dia bisa nyepetin waktu. Kalo istri sama anak2nya ribut, dia tinggal pencet tombol stop; dan sekelilingnya bakal berenti bergerak kayak patung, atau dia bisa pasang volume ‘mute’. Dia bener2 ngerasa puas. Idupnya sukses. Uangnya banyak. Dia bahkan obesitas saking makmurnya.

Tapi akhirnya, dia justru nyesel abis2an. Keluarganya berantakan. Dia cerai dan istrinya kawin lagi sama guru renang anaknya sendiri. Anaknya yg cowok jd pembangkang, anaknya yg cewek jd berandal gt suka menil sama couo2. Dia ngelewatin begitu banyak masa2 penting karena terlalu fokus sama kerjaannya, sama kemampuan dia untuk ngatur waktu sesukanya. Ayahnya meninggal, dia juga ga sempet ketemu lagi. Dia sendiri trus kena serangan jantung karena stress. Remot ajaib itu akhirnya ke-setting gitu aja ngikutin kebiasaan dia; nyepetin waktu tiap ada konflik di rumah;. Jd ga perlu dipencet lagi juga tu remot bekerja sendiri. Tragis..

Maap kalo gaya gw ngasi resensi ga berbakat. Haha..

Oke, itu tadi cerita singkatnya. Setelah nonton film itu gw kan masuk kamar mau tidur. Tapi mendadak jd kepikir kalo film itu sebenernya meaningful bgt..

Coba sekarang kalian diem, kosongkan pikiran dan binasakan bayangan wajah2 dosen, temen kost, temen skolah, temen kuliah, pacar apalagi. Pause semua downloading file tentang tugas kuliah, ujian, isi KRS, absensi kampus, dll.

Terus angkat tangan kalian dari keyboard, touchpad, ataupun mouse. Taro tangan kalian di dagu..

Terus, tarik napas pelan2.. bayangin kalian cuma punya waktu 10 detik untuk ngumpulin oksigen terakhir di muka bumi..

..dan mulailah mengingat.

Kapan kalian terakhir dudk di depan tv bareng keluarga, bukan duduk di depan laptop fesbukan?

Kapan kalian terakhir belanja bulanan bareng keluarga, bukan ngelilingin toko buku demi bahan tugas kampus ?

Kapan kalian cerita apa yg terjadi pada hari kalian ke keluarga, bukan sibuk mencet hp bikin status di fb?

Kapan kalian terakhir makan semeja sama keluarga, bukan janjian makan di restoran fastfood sama temen2?

Kapan kalian terakhir bilang “iya, aku kesana”, bukan “iya nanti bentar lagi, ini tugas numpuk” pas salah satu keluarga manggil untuk minta tolong sesuatu?

Kapan kalian terakhir sesengggukan di pundak keluarga, sharing, bukan sedusedan di telpon sama temen kalian pas lagi ada masalah pelik yang kalian hadepin?

Kapan kalian terakhir bilang “iya aku ikut”, bukan “yah, ga bisa d kayaknya” pas keluarga ngajak pergi?

Kapan kalian terakhir mengutamakan keluarga, bukannya temen2 dan tugas kuliah?


Kapan kalian terakhir nanya balik gimana kabar dan cerita terbaru keluarga, bukannya berkeluh kesah tentang kesulitan kalian ketika ortu telpon?

Kapan kalian terakhir kali bilang kangen ke keluarga, bukannya heboh sms kangen sama temen2 sekolah?

Kapan kalian terakhir kali minta maaf atas kesalahan kalian ke keluarga, bukan nunggu lebaran dulu baru sungkem?

Kapan kalian terakhir kali mikir ortu kalian begitu sayang sama kalian, bukan dengan menggerutu diam2 pas diomelin?

Kapan kalian terakhir mikir ortu kalian begitu peduli, bukan mikir ortu kalian ga mengerti kalian ketika mereka melarang melakukan sesuatu?

Kapan kalian terakhir peluk keluarga kuat2 dan bilang betapa kalian sayang mereka?


Kadang kita pengen skip waktu, ketika kerjaan dan rencana kita mesti kebentur sama rencana keluarga. Kita pengen waktu ada di pihak kita, kita yang atur. Kadang kita pengen nge-set mode ‘mute’ pas ortu lagi ngomel, biar kita nggak stress dengernya. Kadang kita pengen ngulang semua yg ga enak di masa lalu utk kita perbaikin, dan ngulang masa indah untuk kembali kita rasain bahagianya/ Kadang kita merasa begitu ga respek sama waktu,, apalagi waktu bareng keluarga.

… teman itu jauh lebih baik, tidak seperti orang tua. Kita mencintai teman kita karena ingin, bukan karena kita harus. -sheila-


Itu salah.

Kecuali bagi orang2 yang beranggapan menyayangi keluarga itu kewajiban, keterpaksaan. Dangkal banget emang..

…we never know what we’ve got ‘til it’s gone.. -fort minor-

Itu baru bener.

Karena semuanya terjadi begitu sering, kita jadi terbiasa. Jadi kesannya, semua yg kita lewatin bareng keluarga itu ya emang gitu dari dulu.. nothing special. Kita jadi ga nyadar, sekecil apapun momen ynag kita lewatin bareng mereka, bakal jadi harta berharga yg rela kita bayar dengan apapun utk tidak kehilangannya. Kita ga nyadar, betapa sedikit waktu yang kita punya hanya untuk cium tangan mereka ketika pamit pergi. Kita ga nyadar betapa limitednya kosakata yg kita punya utk diucapkan ke mereka, ketika kita lagi sibuk dengan urusan kampus dll. Kita ga nyadar apa2 karena kita mikir hal2 kayak gitu bisa kita lakuin nanti2. Nanti2. Walaupun secara sadar kita tau, ga ada yang bisa menjamin eksistansi ‘nanti’.

Mungkin kalo kita juga dapet remot ajaib itu, kita bisa lebih khilaf makenya. Siapa sih yang ga pengen punya kesempatan ngacak2 waktu? Kadang mimpi manusia itu rumit yak..

Yang jelas, gw yakin ga ada yang mau ngalamin apa yg tokoh utama film itu alamin. Kita pasti nggak mau nunggu cerai, anak2 jd berandal dan ortu meninggal dulu untuk menyadari betapa pentingnya momen2 yang kita lewatin bareng keluarga. Sukses itu Cuma tersiernya. Banyak kok keluarga pemulung hidup rukun sama keluarganya, begitu deket, melebihi keintiman keluarga pejabat2 papan atas. Itu Cuma pelengkap, kalo ga bisa disebut asesori.

Senyebelin2nya, sekesel2nya, semarah2nya, sebete2nya, segimanapun perasaan kita ketika suatu momen ga enak terjadi antara kita dan keluarga, teruslah berpikir bijak. Jangan nyesel, karena Allah bisa dengan mudah menrenggut nikmatNYA kalo kita hggak bersyukur.

Temen, pacar, dan mahluk hidup apapapun yang selama ini kita percayai itu ga bakal rela banting tulang siang malem demi ngebiayain kuliah kita, ga bakal siap begadang nungguin kita pas kita sakit, ga bakal ikhlas nyumbangin segenap jiwa raganya demi keselamatan kita, ga bakal setia kita tinggal2 pergi2 demi kebahagiaan kita. Nothing but family..

So, always remember, girls, that family come first..=)


-makqq

1 komentar: