Sabtu, 17 Juli 2010

EMAK SPEECHLESSSS!!!

Tarik napas… hhhh…

KOK GUE BISA KETERIMAAAAA?????


Tarik napas lagi… hhhh …

110-34-010701006 Rizki Amy Lavita Pendidikan Dokter Universitas Sriwijaya


GILAAAAAAKKK!!!!
Tarik napas lagiiiii…hhhhhhhhhhhhhh….
*bengek*

Oke, here it is, rekonstruksi detik2 sebelum dan sesudah kegilaan ini muncul.

Sore itu, 05.15 pm gw baru pulang dari nginvis bareng Ichigo. Sampe depan pager ada bokap lagi mau ngeluarin motor, mau pergi.Gw pun langsung mengingatkan beliau untuk beliin pulsa buat modem wireless gw biar bisa dipake liat pengumuman. Lalu ternyata bokap udah beli. Beliaupun langsung menyerahkan tu voucher ke gw.

Setelah solat asar, hanya dengan kaos lusuh dan celana pendek sok-ketat-padahal-udah-melar lebih lusuh gw ngejogrok depan leptop mau ngisi pulsa. Kegilaan pertama dimulai.

INSTALLER MODEM DI LAPTOP GW ILANG!!

Masih sok tenang, gw nyari CD installernya dan menginstall ulang dengan penuh kesabaran sambil meluk eeyore. Setelah diinstal, gw langsung ngegosok voucher pulsa. Begitu mau ngisi pulsa, kegilaan kedua muncul.

GW LUPA CARANYA NGISI PULSA ESIAA!!

Okeh, kesabaran mulai mengalami erosi. Gw langsung nyari buku panduan esia itu. Muter sana sini nggak ketemu juga. Semua laci gw obrak abrik nggak ada juga. Ditengah kepanikan, Fika, adek gw nyeletuk dengan anggun : Coba liat di laci yg di rak TV itu, mbak. Dan… voila! Ada! [kenapa baru bilang sih dekkkkk!!!!].

Setelah pulsa terisi, gw yang nggak tau kalo pengumuman dipercepatpun langsung buka blog ini, karena abis diceritain abul kalo templetnya udah diganti. Pas lagi ngetik alamatnya, tau2 hp gw bunyi. Rara nelpon. Terdengarlah teriakan rianggembira : “Kikiiiiiiii…pengumuman udah keluaaarrr!!! Cepet liatttt!!”. Gw hanya menjawab : Oh iya ya?oke.

Awalnya detak jantung di dada dan denyut nadi di pembuluh darah gw masih beraktivitas biasa saja. Pas ngetik snmptn.ac.id, mata gw mulai kemana2, maksud hati sih nggak siap mau liat. Setelah muncul kotak no peserta, gw langsung terdiam. Disinilah kegilaan ketiga muncul.

NO SNMPTN GW BERAPAAA?!!!

Beberapa detik kemudian gwpun baru sadar kalo nomornya bisa diliat di kartu. Goblok.Gwpun memikirkan dimana letak kartu itu. Gw ingetnya tu kartu gw taro di map ijazah pas lagi di bandung. Dengan muka sok tenang padahal panik, gw buka map itu. Muncullah kegilaan keempat.

KARTU GW NGGAK ADAAAAA!!!

Gw semakin panik. Softcopy nya ada di komuter sodara gw di Sukarame karena waktu itu daptarnya disana. Isi map itu udah tumpah semua ke kasur. Eeeyore yg daritadi gw peluk udah nyungsep di ujung kasur. Meja belajar gw udah meledak gw obrakabrik. Semua laci gw bongkar. Gw prustasi.

Gwpun akhirnya mencoba duduk dan bilang sh*t. Terus karena sudah merasa sok keren padahal nggak tau sh*t itu apa, gw istighfar. Saat itu jugalah gw inget abul pernah ngeluarin dari tas coklat gw dan megang2 tu kartu gw pas dirumah sebog dan bilang: poto emak lucuk! Emak lucuk!. Mata gwpun terarah ke tempat tas coklat army buluk itu tergeletak. Dengan perasaan campuraduk kayak abis ditembak cowok temen sendiri [apasihhh ==”], gw buka kantong kecil yg gw duga adalah tempat persembunyian si kartu. Dn ternyata…ADA!!

Oke, fokus. Gw kembali ke depan leptop dan mengetikkan no peserta gw. Sempat terjadi kebimbangan di hati gw: ngetiknya pake tanda – nggak ya? ==”

Sebelum gw klik ‘liat hasil’, sambil berharap esia gangguan dan loadingnya lama karena gw nggak siap, gw mikir. Gw mikir nama gw nggak ada. Gw membuka hati seluas-luasnya untuk terdampar di kesmas atopun sasing. Ajaibnya, esia pada saat itu lancar sekali kayak pipis bayi! Nggak sampe 5 detik udah kebuka. Dan kemudian kegilaan puncak itu muncul…

110-34-010701006 Rizki Amy Lavita Pendidikan Dokter Universitas Sriwijaya

Gw baca tu frase PENDIDIKAN DOKTER berkalikalikalikalikali.

Saat itu juga gw baru degdegan [yaelahh], keringet dingin, nggak bisa ngedip, nggak bisa napas

Gw cek ulang berkalikali nomoernya, nggak ada yang salah.

Gw baca ulang nama lengkap gw berkalikali nggak ada yg misstyped.

Setelah kembali inget untuk ngedip dan napas, gw ngucap alhamdulillah. Lalu gw langsung nenteng laptop keluar kamar sambil teriak: Ayah, Ibu, udah pengumuman!

[Pada saat itu gw nggak tau ortu gw lagi solat magrib bjamaah. Baru takbiratul ihram sih. Tapi begitu denger gw teriak, refleks mereka nengok dan batal solat. Hahahaha..]

Mereka langsung pasang muka cemas ‘jadi gimana??gimana??’. Gw yg spicles memilih diam dan nyodorin leptop langsung ke mereka.
Huaaa.. merekapun sama nggak percayanya kayak gw. Tu pengumuman dibaca berulang2, sampe akhirnya percaya terus meluk gw satu2 [norak ya =p].

Oya, for your info, pada saat itu lagi ujan cukup deres. Gw sempet kedinginan dan mau ganti celana pendek gw yg nyaris menyerupai hotpants itu. Tapi ntah kenapa setelah pengumuman bahkan sampe jam 9 malem, gw tetep pake calana itu. Hwahahaha…

Haduhh, well..that was the moment. Gw cerita bukan buat pamer ato bikin iri ato apa. Gw beneran harus cerita sebelum lebih gila lagi dari ini.haduhh… masih belom percaya ini gw --“

Malam itu pun jadi malam yang memprihatinkan bagi jempol gw. Sms silih berganti dateng, mulai dari kabar gembira, kabar buruk, ngasi selamat, sampe ngajak kenalan [?]. Awalnya gw gx napsu makan karena masih seneng, apalagi denger kesuksesan temen2 laennya. Tapi akhirnya gw bener2 sangat nggak napsu makan setelah denger yg gagal =(

Jadi dokter emang terbesit jadi mimpi doang buat gw. Bukan Cuma karena kemampuan otak gw yg limited [nilai UN Fisika terendah se smanda gt loh], tapi jg kondisi finansial ortu yg nggak begitu wah. Tapi ngedenger kisah bokap yg dulu pengeeeeennnn bgt jd dokter tapi nggak kesampean karena biaya, gw jd sedih. Bokap itu cukup pinter buat jd dokter. Tapi karena mbah gw Cuma petani dan bokap gw punya adek banyak, bokap ngalah, lalu memilih teknik tambang unsri..[bokap gw dulu ganteng loh..=p]
Bokap pengen banget salah satu anaknya ada yang meneruskan cita2 beliau. Bahkan katanya bokap udah nabung dari lama utk biayanya. Gw mulai termotivasi untuk itu.

Motivasi gw bertambah, ketika mengalami suatu momen inspiratif bersama tante gw, yg lulusan analis kimia dan ngurusin obat2 dll gitu disebuah puskes.

Waktu itu lagi libur lebaran, gw dan tante abis jalan2 di baturaja. Kami naek angkot. Pas angkotnya bernti di sebuah balai pengobatan, ada ibu2 gendong anaknya yg masih kecil naek dan duduk di sebelah gw. Ibu2 itu matanya merah, masih terdengar sedikit sedu sedan. Tante gw nanya: Kenapa anaknya bu? Ibu itu menjawab: sakit. Mata ibu itu semakin merah kayak mau nangis lagi. Tante gw nanya lagi: Sakit apa?. Ibu itu bilang: demem nggak sembuh2…blabla [pke bhs palembang tgkt tinggi gw nggak ngerti]. Trs pas tante gw nanya dikasih obat apa sam dokter, ibu itu mulai menitikkan air mata. Katanya dia Cuma mampu nebus beberapa obat doang dari yag disuruh dokter. Dia juga nggak bisa sering2 meriksain anaknya, karena nggak punya duit. Tapi dia sedih anaknya makin hari makin parah, nggak bisa seceria biasanya. Tante gw langsung nyuruh ibu itu dateng ke puskes tempat tante gw kerja. Kata tante nggak usah mikirin biayanya. Soal obat apalagi, gampang. Ibu itupun terharu bukan main. Beliau sampe mau cium tangan tante gw. Gw ngeliat adegan itu aja rasanya kayak mau nangis.

Sejak saat itu gw mikir. Tante gw yg ibaratnya ‘cuma’ seorang analis, bisa bikin ibu itu begitu merasa tertolong. Gimana kalo tante gw dokter?

Gw mulai berpikir dokter itu ibaratnya perpanjangan tangan Tuhan untuk nyembuhin umatnya. Meminjam istilah The Host, Dokter itu kayak Penyembuh, yang bahkan mahluk asing pun membutuhkannya. Begitu banyak hal mulia yg bisa dokter lakukan. Gw pengen kayak tante gw, bisa bikin orang merasa tertolong, bahkan ketika lagi di dalem angkot..

Tapi ya.. gw jg tau jadi dokter itu nggak segampang jadi SPG di alfamart. Butuh perjuangan ekstra untuk dapetin itu. Gwpun sadar diri dan mulai berjuang dari bawah. Motivasi gw nggak banyak, Cuma pengen ngewujudin cita2 bokap& jadi kayak tante gw. Gw belajar juga nggak pernah berhasil di TO GO.. lebai sih ya, kalo ngedenger gw sampe turun 7kg sejak kelas 3 smest 2. Hahaha.. padahal mah emang beneran, gw kehilangan separuh napsu makan gw yg besar itu..

Awalnya gw kan disuruh pendok unila tu kan ya. Yah.. kalian tau lah dulu gw sempet nggak dibolehin keluar jauh2. Ya gw mah nurut ajalah. Trus pil keduanya kesmas unsri. Eh, ntah kesambet apa, tau2 bokap gw bilang sekalian aja fk unsri. Tadinya gw syok dan pesimis, fk unila aja belom tentu dapet apalagi unsri. Tapi sekarang gw seneng karena fk unsri subhanallah murahnyaa =)

Unsri itu kampus cinta emakbapak gw. Bakal jadi kampus cinta gw juga nggak yaaa…*snyum genit

Gw berdoanya berusaha kenceng. Lebih kenceng dari belajar gw yang sampe dikira orang gw udah gila. Gw berusaha meyakinkan Tuhan kalo sampe saat ini tujuan gw jd dokter belom money oriented. Gw pure pengen jadi lebih berguna, setelah 18 tahun idup gw Cuma jadi parasit dan useless. Ya nggak tau sih tujuan gw kelak akan berubah atau tidak..

Anyway, gw juga spicles mendengar kabar orang2 terdekat yang jadi bagian doa2 gw justru nggak dapet snmptn. Nyesek woy rasanya. Kebahagiaan gw nggak utuh. Gw nggak mau bilang hal2 bullshit kayak ‘sabar ya’, ato ‘belum rejeki’. Gwpun sebenernya jijik kalo dibilangin gitu. Nobody knows what exactly im feeling but God, gitu loh. Tapi gw Cuma mau ngingetin, sekalian ngingetin diri sendiri. Allah itu nggak bakal pernah salah ngasih atopun salah pilih. Semua keputusan Nya tuh yg terbaik, yang paling adil. Allah yang milihin kok..Maha segala maha.. ngapain kita protes?

Sebuah pesan moral penting yang bahkan gw dapet dari seorang tukang es depan GO Kedaton:
[dengan sedikit gubahan, tanpa mengubah inti pesan]
Milih masa depan mah jangan diperbudak sama nama besar universitas, neng. Ujungnya kan mau kerja kan, neng, ya? Rejeki tuh urusan Tuhan, bukan urusan universitas. Beryukurlah udah bisa kuliah.

Apapun itu, nggak akan mengurangi rasa sayang gw ke kalian juga.Nggak peduli kalian kuliah dimana, jurusan apa, IPK kalian berapa, kerja dimana, suami kalian siapa.

Btw, pas abis pengumuman ada 3 orang yg bokap tanyain ke gw mengenai hasil snmptnnya.
1.Abul [iyalah, temen gila anaknya]
2. Ito [iyalah, sodara jauh gw. Bokap kami bersaudara]
3. Ihsan [iyalah, temen sekolah anaknya =p]

Gw positif hamil..eh bukan, positif Unsri [jokes jadul]

Abul udah bahagia di IPB [begitu cepatkah ku melupakan emakmu nak?huhuhu]

Sebog 100% BSM [kalo ada anakcucu bakrie yang oke, sisain gw satu yaa?=p]

Rara udah tenang di UI [‘prospek’ bagus agaknya ini..setia woy,setiaa X)]

Nyet udah damai di Telkom.. tapi bisa aja hijrah ke bintaro ini…hayyok nak!semangit!


Apalagi ya woy? Ahh pokoknya nggak ada itu ‘saat jarak memisahkan’, ‘detik terakhir’, ‘when you’re gone’, ‘mungkinkah’, dll. Jangan ada gutbay diantara kitaa..houwoo..

Ntar kalo libur kita jalan2. Kalo nggak libur juga kita jalan2. Pokoknya jalan2. Hahahaha…

Ya sudah, tunggu post gw selanjutnya. Mau mandi dulu lah. Emak gw bentar lagi balik, ntar gw di sambit pake tas D&G.
Ps: inget co ganteng ketos perintis nggak? Alex! Masuk mana ya dia? X)

-mak qq

2 komentar:

  1. mak..
    anak suram pas bc ini.
    anak iriiiiiiiiiiiiiiiii...
    hix hix hix..
    emak mmbuat anak suram.
    wkwk

    ah apa sih anak..

    emak jd dokter yg bner ya..
    ntar anak berobat ke emak..

    jgn lupa, buat RS sm ayah isan dan mb hasna

    BalasHapus
  2. anaaaaakkk...maapkan emak sungguh T.T
    Nggak bermaksut nakkk... Y.Y

    Iya, ntar insyaallah emak jd dokter yg baik dan benar. Anak jgn sering2 sakit tapi.

    Hah??rumah sakit??=="

    BalasHapus